PT. HAGAMA Putra Mandiri merupakan sebuah perusahaan
yang bergerak dibidang jasa servis pengiriman barang dan pemesanan tiket
kereta api, pesawat, pulsa dan lain-lain. Perusahaan yang terletak di Jl.
Menpor Pal Sigunung sudah berdiri sejak tahun 2012. Kelompok kami akan
mengaudit perusahaan tersebut dari segi jaringan, sistem operasi, penyimpanan,
dan aplikasi.
Dari segi jaringan, PT. HAGAMA Putra Mandiri
menggunakan ISP Indihome dengan kecepatan 20 mbps. Computer yang digunakan ada
2 unit yang berfungsi untuk melayani pengiriman TIKI dan pemesanan tiket dll
terdapat juga 2 buah printer yang saling terhubung dalam satu jaringan. PT.
Hagama PM menggunakan topologi bus dengan menggunakan router utama dan 1 buah
switch untuk menyebar jaringan ke computer client dan 2 buah printer.
DHCP dan Skema Jaringan PT. Hagama PM
Dari segi sistem operasi, OS yang digunakan oleh PC
untuk melakukan transaksi pengiriman TIKI adalah Microsoft Windows XP
Professional versi 2000 service pack 3. Sedangkan OS yang digunakan PC untuk
melakukan transaksi pemesanan tiket adalah Windows 7 Ultimate.
Dari segi penyimpanan masing masing computer PT.
Hagama PM memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 500 GB, yang di partisi
menjadi tiga yaitu data Sistem C, Data D dan Hagama F.
Aplikasi yang digunakan untuk melakukan pengiriman
TIKI adalah Cash Automation Online System, aplikasi ini adalah aplikasi resmi
dari PT. TIKI yang diberikan kepada pihak ketiga (agen). Aplikasi ini berguna
untuk menginputkan data-data pelanggan yang akan melakukan pengirim barang,
menerbitkan nomor resi dan pengecekan tarif pengiriman. Selain itu aplikasi ini
juga memerlukan aplikasi DMS Express fungsi dari aplikasi ini adalah untuk
melakukan koneksi ke server database pusat PT. TIKI
Aplikasi yang kedua adalah ATAGRASS, aplikasi ini
berbasis website yang dapat melakukan transaksi pembayaran telefon, pembelian
pulsa, pemesanan tiket kereta api, tiket pesawat dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar