Arsip Blog

Selasa, 10 November 2015

Berkomunikasi dengan baik

Berkomunikasi dengan baik

Lanjutan dari post saya sebelumnya.. yaitu mengenai apa arti komunikasi dan fungsi-fungsinya. Disini saya akan membahas tentang bagaimana sih cara berkomunikasi yang baik dan benar dan bagaimana cara mengembangkan nya? Nah, tapi sebelumnya saya mau mengingatkan kembali apa yang dimaksud dengan komunikasi hehe.
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, atau gagasan) dari satu pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, tapi komunikasi masih bisa dilakukan melalui gerak-gerik badan, menunjukan pihak tertentu seperti tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti itu disebut dengan komunikasi non-verbal.
            Menurut survey, sekitar 85% dari kesuksesan seseorang dalam hidup berkaitan secara langsung dengan kemampuan berkomunikasi dan membina hubungan. Hal itu menandakan bahwa tidak peduli seberapa ambisius seseorang atau berapa banyak mereka mengatasi ketakutan mereka atau seberapa tinggi tingkat pendidikan, mereka masih memiliki kemungkinan yang rendah untuk melangkah lebih jauh dalam hidup mereka tanpa pengetahuan komunikasi yang efektif yang diperlukan dalam berhubungan dengan orang-orang.
             Berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari memanglah sangat penting, komunikasi adalah akar dari sebuah hubungan. Dengan komunikasi kita dapat menjalin hubungan pertemanan atau apapun itu dengan seseorang, dengan melihat cara berkomunikasi seseorang, kita dapat menilai seseorang tersebut tapi not judgin’ in the negative thing ya. Makanya, dalam berkomunikasi itu kita harus bisa mengucapkan kalimat dengan baik dan benar at least sopan dan bisa menempatkan diri dengan siapa or dimana kamu berbicara, kan gak mungkin ngomong gue-elo ke orang tua.

            Pernah gak sih mikir “berapa sih tingkat keterempilan berkomunikasi gue?” haduh, saya sendiri masih bisa dibilang jauh, salah satu contohnya seperti  masih suka nunduk atau maen handphone ketika sedang berkomunikasi (sok-sibuk-sendiri). Situasi kaya gini sih biasanya kalo baru ketemu dengan lingkungan baru atau bisa di bilang tahap adaptasi ya, karena masih canggung/awkward satu sama lain. Ah, tapi setelah dipikir-pikir kayanya maenin handphone ketika lagi ngobrol atau komunikasi itu udah biasaa banget ya zaman sekarang, so people nowadays banget lah, Alhamdulillah sih kalo ada sms or whatsapp or another notif from a socmed lah ini kadang-kadang cuma check-check socmed doang.
           
Okay cukup ngalor-ngidul nya ya…

Back to the topic
            Komunikasi yang baik itu sangat penting, komunikasi yang baik dapat menciptakan/membuat diri anda berkesan lebih baik dan dapat menjalin hubungan yang baik  serta lebih luas. Berikut adalah beberapa cara yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi:
Observasi
jika anda merasa memiliki keterampilan komunikasi yang kurang dan tidak bisa mengucapkan kata yang tepat untuk diucapkan, maka adnda harus selalu mengamati orang-orang yang berkomunikasi secara efektif. Ini akan memberikan anda wawasan dan pemahaman yang bisa membuka car-cara baru dan cara yang lebih baik untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain.
Mendengarkan
Komunikasi bukan hanya tentang berbicara efektif dan dengan cara yang mengesankan. Tidak ada orang yang ska dengan orang yang berbicara terus-menerus tanpa pernah mendengarkan orang lain, ingat anda juga harus jadi pendengar yang baik.
Berpikir sebelum bicara
Mikir dulu kalo ngomong, gak mau kan keluar kata-kata yang gak baik asal ceplas-ceplos aja? Think before you speak. Kalo bisa usahain mikir 2x sebelum ngomong karena kata-kata atau kalimat yang udah keluar dari mulut gak bakal bisa di ambil lagi.
Humor
Mempunyai seleara humor yang tinggi sangat membantu untuk membuat segala hal menyenangkan, biasanya kalo gini gak akan ada  ‘gak ada topic pembicaraannya’ sih.  Tapi inget poin ‘ berpikir sebelum bicara’ karena jangan sampai ngelukain seseorang dengan guyona-guyonan kalian dan jangan mencoba menjadi terlalu lucu guys.
Sopan
Harus sopan, mau dia lebih tua, seumuran, atau bahkan lebih muda. Karena dengan sopan santun membuat orang lan respect sama kita.
Bahasa Tubuh
Bahasa tubuh itu merupakan factor sangat penting dalam berkomunikasi. Pertahankan kontak mata, duduk berdiri dalam posisi tegak,menjabat tangan, tidak memberikan sinyal yang salah dengan menyilangkan lengan atau kaki, hindari gelisah berlebihan. Selalu ingat bahwa gerakan anda mengtakan tentang kepribadian anda.

Selain yang diatas, ada juga beberapa kemampuan komunikasi yang efektif, seperti :
1.      Berikan kesan bahwa anda antusias berbicara dengan mereka
2.      Ajukan pertanyaan tentang minat mereka
3.      Beradaptasi dengan bahasa tubuh dan perasaan mereka
4.      Dengrkan dengan penuh perhatian semua yang mereka katakan
5.      Ungkapkan diri anda sebanyak mungkin
6.      Beri mereka kontak mata yang lama
7.      Berikan kesan bahwa anda berada di ti yang sama
8.      Memberikan saran atau motivasi

Sepertinya sudah cukup untuk pembahasan kali ini, sekian dan terima kasih, sampai jumpa di post-an berikutnya, see you in the next post. Have a great day!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar