Berkomunikasi
dengan baik
Lanjutan
dari post saya sebelumnya.. yaitu mengenai apa arti komunikasi dan
fungsi-fungsinya. Disini saya akan membahas tentang bagaimana sih cara
berkomunikasi yang baik dan benar dan bagaimana cara mengembangkan nya? Nah,
tapi sebelumnya saya mau mengingatkan kembali apa yang dimaksud dengan
komunikasi hehe.
Komunikasi adalah
suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, atau gagasan) dari satu pihak
lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat
dimengerti oleh keduanya, tapi komunikasi masih bisa dilakukan melalui
gerak-gerik badan, menunjukan pihak tertentu seperti tersenyum, menggelengkan
kepala, mengangkat bahu. Cara seperti itu disebut dengan komunikasi non-verbal.
Menurut survey, sekitar 85% dari
kesuksesan seseorang dalam hidup berkaitan secara langsung dengan kemampuan
berkomunikasi dan membina hubungan. Hal itu menandakan bahwa tidak peduli
seberapa ambisius seseorang atau berapa banyak mereka mengatasi ketakutan
mereka atau seberapa tinggi tingkat pendidikan, mereka masih memiliki
kemungkinan yang rendah untuk melangkah lebih jauh dalam hidup mereka tanpa
pengetahuan komunikasi yang efektif yang diperlukan dalam berhubungan dengan
orang-orang.
Berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari memanglah
sangat penting, komunikasi adalah akar dari sebuah hubungan. Dengan komunikasi
kita dapat menjalin hubungan pertemanan atau apapun itu dengan seseorang,
dengan melihat cara berkomunikasi seseorang, kita dapat menilai seseorang
tersebut tapi not judgin’ in the negative thing ya. Makanya, dalam
berkomunikasi itu kita harus bisa mengucapkan kalimat dengan baik dan benar at
least sopan dan bisa menempatkan diri dengan siapa or dimana kamu berbicara,
kan gak mungkin ngomong gue-elo ke orang tua.
Pernah gak
sih mikir “berapa sih tingkat
keterempilan berkomunikasi gue?” haduh, saya sendiri masih bisa dibilang
jauh, salah satu contohnya seperti masih
suka nunduk atau maen handphone ketika sedang berkomunikasi (sok-sibuk-sendiri).
Situasi kaya gini sih biasanya kalo baru ketemu dengan lingkungan baru atau
bisa di bilang tahap adaptasi ya, karena masih canggung/awkward satu sama lain.
Ah, tapi setelah dipikir-pikir kayanya maenin handphone ketika lagi ngobrol
atau komunikasi itu udah biasaa banget ya zaman sekarang, so people nowadays
banget lah, Alhamdulillah sih kalo ada sms or whatsapp or another notif from a
socmed lah ini kadang-kadang cuma check-check socmed doang.
Okay cukup
ngalor-ngidul nya ya…
Back to the topic
Komunikasi
yang baik itu sangat penting, komunikasi yang baik dapat menciptakan/membuat
diri anda berkesan lebih baik dan dapat menjalin hubungan yang baik serta lebih luas. Berikut adalah beberapa
cara yang efektif untuk meningkatkan keterampilan
berkomunikasi:
Observasi
jika anda
merasa memiliki keterampilan komunikasi yang kurang dan tidak bisa mengucapkan
kata yang tepat untuk diucapkan, maka adnda harus selalu mengamati orang-orang
yang berkomunikasi secara efektif. Ini akan memberikan anda wawasan dan
pemahaman yang bisa membuka car-cara baru dan cara yang lebih baik untuk dapat
berkomunikasi dengan orang lain.
Mendengarkan
Komunikasi
bukan hanya tentang berbicara efektif dan dengan cara yang mengesankan. Tidak
ada orang yang ska dengan orang yang berbicara terus-menerus tanpa pernah
mendengarkan orang lain, ingat anda juga harus jadi pendengar yang baik.
Berpikir sebelum bicara
Mikir dulu
kalo ngomong, gak mau kan keluar kata-kata yang gak baik asal ceplas-ceplos
aja? Think before you speak. Kalo bisa usahain mikir 2x sebelum ngomong karena
kata-kata atau kalimat yang udah keluar dari mulut gak bakal bisa di ambil
lagi.
Humor
Mempunyai
seleara humor yang tinggi sangat membantu untuk membuat segala hal
menyenangkan, biasanya kalo gini gak akan ada
‘gak ada topic pembicaraannya’ sih.
Tapi inget poin ‘ berpikir sebelum bicara’ karena jangan sampai
ngelukain seseorang dengan guyona-guyonan kalian dan jangan mencoba menjadi
terlalu lucu guys.
Sopan
Harus sopan, mau dia lebih tua, seumuran, atau bahkan lebih muda. Karena
dengan sopan santun membuat orang lan respect sama kita.
Bahasa Tubuh
Bahasa tubuh
itu merupakan factor sangat penting dalam berkomunikasi. Pertahankan kontak
mata, duduk berdiri dalam posisi tegak,menjabat tangan, tidak memberikan sinyal
yang salah dengan menyilangkan lengan atau kaki, hindari gelisah berlebihan.
Selalu ingat bahwa gerakan anda mengtakan tentang kepribadian anda.
Selain yang diatas, ada juga beberapa kemampuan komunikasi yang efektif,
seperti :
1.
Berikan kesan bahwa anda antusias berbicara
dengan mereka
2.
Ajukan pertanyaan tentang minat mereka
3.
Beradaptasi dengan bahasa tubuh dan perasaan
mereka
4.
Dengrkan dengan penuh perhatian semua yang
mereka katakan
5.
Ungkapkan diri anda sebanyak mungkin
6.
Beri mereka kontak mata yang lama
7.
Berikan kesan bahwa anda berada di ti yang
sama
8.
Memberikan saran atau motivasi
Sepertinya sudah cukup untuk pembahasan kali ini, sekian dan terima kasih,
sampai jumpa di post-an berikutnya, see you in the next post. Have a great day!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar