Arsip Blog

Minggu, 26 Maret 2017

Review : Synfig Studio


Animasi 2D adalah animasi yang hanya terdiri dari panjang dan lebar, yang terdiri dari sketsa gambar yang digerakkan satu persatu atau juga yang biasa kita sebut dengan Kartun. secara tradisional animasi 2D diciptakan dengan menggambar masing-masing gambar yang ditampilkan satu-persatu. Gambar tersebut biasa disebut dengan frame. Agar dapat membuat gerakan gambar animasi yang bagus, kita diharuskan untuk menggambar banyak frame, sehingga kurang efisien yang membuat kita kehilangan banyak waktu, biaya, serta tenaga.
Tapi sekarang-sekarang ini sudah  banyak sofware yang dirancang untuk membuat animasi 2D dan bahkan mempermudah pembuatannya contohnya Synfig Studio. Ya, kali ini saya akan membahas tentang synfig studio dimana itu adalah sofware berbasis open source yang dirancang untuk membuat animasi 2D. And Thank God karena synfig studio adalah software yang mensupport frame anmasi tanpamembuat user menggambar setiap gambar. Itu menggunakan resolusi spatial dan temporal.
“Spatial Resolution Independence: Synfig Studio tidak menciptakan komponen pixilation built-in karena sebagian besar berbasis vektor. Sebagai pengganti, Synfig Studio menghasilkan semua lapisan parametrically, yang berarti pixilation hanya terjadi pada gambar raster yang di import bahkan ketika mengubah resolusi target.
Temporal Resolution Independence: Menciptakan efek smooth motion secara otomatis dengan interpolating animation-keyframes.”
Aplikasi Synfig studio pada awalnya dikembangkan oleh Robert Quattlebaum dengan nama studio animasi Voria Studios. Vorio Studios menggunakan menggunakan Synfig untuk keperluan internal, tetapi dalam akhirnya Vorio Studios ditutup dan akhirnya aplikasi perangkat lunak pembuat animasi 2D dirilis sebagai aplikasi open source dengan nama Synfig studio. Aplikasi Synfig Studio itu sendiri tersedia diberbagai platform seperti Windows, Mac OS, dan Linux secara gratis. Untuk membuat animasi 2D, synfig studio menawarkan fitur yang luar biasa yaitu fitur yang menggunakan bitmap dan grafis vector frame-per-frame untuk membuat animasi berkelas profesional.

Untuk interfacenya sendiri, layout nya pasti sudah jelas terlihat familiar atau tidak asing untuk orang yang biasa menggunakan aplikasi animasi atau grafik aplikasi. Diatas kiri adalah panel yang menyimpan tools-tools yang digunakan seperti, transform tool, smooth move tool, scale tool, rotate tool, mirror tool, circle tool, dan lain-lain panel tengah adalah canvas yang digunakan untuk latar dalam membuat animasi, dan panel bawah adalah timeine dan keyframes.


Kalau anda ingin menggunakan drawing toolkit pada synfig. Anda akan menemukannya pada toolbox, yaitu di atas sebelah kiri. Disana ada shape tools yang digunakan untuk membuat rectangles dan ellipse, paint bucket untuk mewarnai, dan lain-lain. Untuk melihata properties atas setiap shape yang anda gambar, anda bisa klik pada objek entah pada canvas atau layer panel(biasanya terletak pada bagian bawah sebelah kanan) so, properties item akan muncul pada properties panel pada pojok kiri bawah.
Untuk menggunakan aplikasi Synfig, anda dapat mengunduh nya dari situs resmi Synfig Studio yaitu http://www.synfig.org/. And once again, it’s free. Synfig adalah aplikasi animasi profesional dengan semua fitur dan tools yang harus miliki untuk membuat animasi 2D dan serta banyak tambahan untuk bonus. Kalau anda adalah orang yang cepat dan efisien, synfig studio adalah software yang cocok untuk anda. Over all, synfig studio is good, kekurangannya mungkin masih kurangnya pengguna karena bila dibandingkan dengan software lain synfig studio tutorial masih sedikit.

Sekian pembahasan saya kali ini, semoga berguna dan have a nice day!­­

Tidak ada komentar:

Posting Komentar