Arsip Blog

Rabu, 16 Maret 2016

Teknologi Infomasi dan Sistem Informasi

Halo, sesuai judul diatas saya disini akan membahas tentang perkembangan teknologi informasi dan sistem informasi. Sebelum saya bahas perkembangan-nya kaya nya lebih enak kalau saya jelaskan dulu apa sih yang dimaksud dengan teknologi informasi dan sistem informasi.

Teknologi Informasi atau Information Technology adalah teknologi atau sistem yang diciptakan untuk membantu manusia untuk membuat, mengubah, menyimpan, dan menyebarkan informasi.

Sedangkan Sistem informasi atau information system adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.

Faktanya, penyebab utama era Globalisasi adalah adanya perkembangan teknologi dan seperti yang kita tahu dan alami sendiri, perkembangan teknologi informasi dan sistem informasi ini sangat pesat. Penggabungan antara teknologi komputer dengan telekomunikasi telah menghasilkan suatu revolusi di bidang sistem informasi. Data atau informasi yang pada jaman dahulu harus memakan waktu berhari-hari untuk diolah sebelum dikirimkan ke sisi lain di dunia, saat ini dapat dilakukan dalam hitungan detik.

Secara garis besar, ada empat periode atau era perkembangan sistem informasi, yang dimulai dari pertama kali diketemukannya komputer hingga saat ini. Keempat era tersebut terjadi tidak hanya karena dipicu oleh perkembangan teknologi komputer yang sedemikian pesat, namun didukung pula oleh teori-teori baru mengenai manajemen perusahaan modern. Keempat era tersebut (Cash et.al., 1992) terjadi tidak hanya karena dipicu oleh perkembangan teknologi komputer yang sedemikian pesat, namun didukung pula oleh teori-teori baru mengenai manajemen perusahaan modern. Ahli-ahli manajemen dan organisasi seperti Peter Drucker, Michael Hammer, Porter, sangat mewarnai pandangan manajemen terhadap teknologi informasi di era modern. Oleh karena itu dapat dimengerti, bahwa masih banyak perusahaan terutama di negara berkembang (dunia ketiga), yang masih sulit mengadaptasikan teori-teori baru mengenai manajemen, organisasi, maupun teknologi informasi karena masih melekatnya faktor-faktor budaya lokal atau setempat yang mempengaruhi behavior sumber daya manusianya. Sehingga tidaklah heran jika masih sering ditemui perusahaan dengan peralatan komputer yang tercanggih, namun masih dipergunakan sebagai alat-alat administratif yang notabene merupakan era penggunaan komputer pertama di dunia pada awal tahun 1960-an.
1.ERA KOMPUTERISASI
Periode ini dimulai sekitar Tahun 1960-an ketika mini computer dan mainframe diperkenalkan perusahaan seperti IBM ke dunia industri . pemakaian komputer dimasa ini ditujukan untuk meningkatkan efisiensi , karena terbukti untuk pekerjaan -pekerjaan tertentu , mempergunakan komputer jauh lebih efisien . keperluan organisasi yang paling banyak menyita waktu komputer pada saat itu adalah untuk administrasi back office terutama yang berhubungan dengan akuntansi / keuangan.

2. ERA TEKNOLOGI INFORMASI

            Di awal tahun 1970-an , teknologi PC atau personal computer mulai diperkenalkan sebagai alternatif pengganti mini computer .kegunaan komputer di perusahaan tidak hanya untuk meningkatkan efisiensi , namun lebih jauh untuk mendukung terjadinya proses kerja yang lebih efektif. Di era kedua ini setiap individu  di organisasi dapat memanfaatkan kecanggihan komputer seperti untuk mengolah database , spreadsheet , maupun data processing ( end - user computing) . perusahaan yang telah memanfaatkan teknologi komputer sangat efisiensi dan efektif dibandingkan perusahaan yang sebagian prosesnya masih dikelola secara manual.
pada era inilah komputer memasuki babak barunya , yaitu sebagai suatu fasilitas yang dapat memberikan keuntungan kompetitif bagi perusahaan , terutama yang bergerak dibidang pelayanan / jasa. Di awal tahun 1980-an , salah satu teori yang paling banyak dipelajari & diterapkan adalah mengenai manejemen perubahan ( change management).

3. ERA SISTEM INFORMASI
            Tidak seperti pada kedua era sebelumnya yang lebih menekankan pada unsur teknologi , pada era manejemen perubahan ini yang lebih ditekankan adalah sistem  informasi, dimana komputer dan teknologi informasi merupakan komponen dari sistem tersebut. ditekankan oleh beberapa ahli manajemen , bahwa perusahaan yang menguasai informasilah yang memiliki keunggulan kompetitif didalam lingkungan makro " regulated free market". organisasi tradisional melihat struktur perusahaan sebagai kunci utama pengukuran kinerja , sehingga semuanya diukur secara hirarkis berdasarkan divisi -visi atau departemen. Dpersaingan bebas telah menyebabkan customers harus pandai-pandai memilih produk yang beragam dipasaran , proses penciptaan produk atau pelayanan ( pemberian jasa) kepada pelanggan merupakan kunci utama kinerja perusahaan. keadaan ini sering diasosiasikan dengan istilah- istilah manejemen seperti "market driven" atau " Customer base company" yang pada intinya sama , yaitu kinerja perusahaan akan dinilai dari kepuasaan para pelanggannya .
disinilah peranan sistem informasi sebagai komponen utama dalam memberikan keunggulan kompetitif perusahaan. oleh karena itu, kunci dari kinerja perusahaan adalah pada proses yang terjadi baik dalam perusahaan( back office) maupun yang langsung bersinggungan dengan pelanggan ( front office). bahwa di era tahun 1990-an terlihat banyak sekali perusahaan yang melakukan BPR( business process reengineering) , re-strukturisasi , Implementasi ISO- 9000 , Implementasi TQM , Instalasi dan pemakaian sistem informasi Korporat ( SAS, ORACLE,BAAN) dan lain sebagainya.

4. ERA GLOBALISASI INFORMASI

            Era terakhir ini ke dalan\m sejarah evolusi teknologi informasi . pertengahan tahun 1980-an , perkembangan dibidang teknologi informasi . para praktisi teknologi informasi yang dahulu bekerja sama dalam penelitian untuk memperkenalkan internet ke dunia industri pun secara jujur mengaku bahwa mereka tidak pernah menduga perkembangan internet akan menjadi seperti ini . transaksi-transaksi perdagangan dapat dengan mudah dilakukan di cyber space melalui electronic transaction dengan mempergunakan electronic money.



Tak dapat dipungkiri jika kemajuan teknologi masa kini berkembang sangat pesat. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya inovasi-inovasi yang telah dibuat di dunia ini. Dari hingga yang sederhana, hingga yang menghebohkan dunia.

Kemajuan teknologi memang sangat penting untuk kehidupan manusia jaman sekarang. Karena teknologi adalah salah satu penunjang kemajuan manusia. Di banyak belahan masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi, pangan, komputer, dan masih banyak lagi.
Sebenarnya Teknologi sudah ada sejak jaman dahulu, yaitu jaman romawi kuno. Perkembangan teknologi berkembang secara drastis dan terus berevolusi hingga sekarang. Hingga menciptakan obyek-obyek, teknik yang dapat membantu manusia dalam pengerjaan sesuatu lebih efisien dan cepat. Salah satunya adalah seperti yang ada di Indonesia, yaitu fenomena mobil esemka yang diciptakan beberapa sekolah di Solo. Telah membuat inovasi mobil Nasional untuk Indonesia. Selain itu juga, ada di Sidoarjo yang memproduksi kapal laut untuk kebutuhan melaut. Ini menjadi bukti bahwa memang teknologi sudah menjadi kebutuhan dan merata di setiap sektor kehidupan manusia.  Terlebih setelah adanya penemuan komputer dan laptop, yang sekarang hampir semua pekerjaan manusia memiliki hubungan dengan komputer ataupun laptop. Sehingga pantas jika komputer adalah penemuan yang paling mutakhir dan yang paling berpengaruh pada kehidupan manusia.
Seperti yang kita ketahui Perkembangan teknologi informasi dan sistem informasi sangatlah berkaitan dengan dunia bisnis dan industri. Bagi dunia bisnis perkembangan teknologi sangatlah membantu dan menguntungkan dari berbagai aspek. penerapan teknologi informasi sudah banyak diterapkan pada perusahaan perusahaan yang berskala nasional maupun swasta. Penerapan teknologi dan informasi ini menyebabkan perubahan dalam kebiasaan atau habit yang baru pada bidang bisnis. Seperti pemanfaatan E-Commerce sebagai media perdagangan yang menggunakan media internet yang saat ini tidak sulit untuk dijangkau oleh semua kalangan.
pengaruh ini memberikan kemudahan dan kelancaran dalam melakukan urusan bisnis meskipun rekan bisnis tersebut berada di negara lain, hal in bisa diatasai dengan memanfaatkan video conference maupun internet call yang bisa digunakan sewaktu waktu dan tidak memungut biaya sedikit pun. Jejaring seperti ini hadir di semua industri global. Pengaruh ini tidak hanya berdampak pada usahawan saja yang memiliki perusahaan, pengaruh teknologi informasi ini juga memberikan dampak yang besar terhadap para pegawainya. Para pegawai tidak perlu lagi mengirikan surat lamaran nya secara manual karenaa sekarang sudah ada yang namanya e-mail yang juga dapat membantu untuk mengirimkan file atau laporan kapanpun dan dimanapun secara gratis.
Pengaruh teknologi dan SI ini secara tidak langsung membantu manusia untuk bergerak lebih cepat dan gesit lagi karena seiring berkembangnya teknologi informasi yag pesat, mau tidak mau kita harus mengimbanginya karena jika tidak kita akan tertinggal jauh. Dan dengan teknologi sekarang ini semua orang dapat membuat bisnis atau usaha dengan mudah, dengan banyak nya social media dan e-commerce, siapapun bisa berbisnis. Contohnya seperti instagram, hanya dengan akun instagram kamu dapat membuat usaha.
Pada intinya, adanya perkembangan teknologi informasi dan SI adalah untuk mempermudah manusia dalam melakukan segala hal agar lebih mudah dan efisien dan memotivasi manusia untuk terus berfikir untuk menciptakan perubahan-perubahan yang lebuh baik karena pada dasarnya manusia tidak akan pernah puas.  A good thing is Human always expect more and more, never enough. H u m a n  N a t u r e.


Thank you for spending your time to reading this post, Have a great day ahead!

sumber : thanks to here , here , and wikipedia

Jumat, 13 November 2015

Percakapan


Tema               : “Pameran Indocomtech”
Anggota           : Amanda Yulianisa (10114940)
                          Dimas Herlambang (13114100)
                          Khairunnisa (15114845)
                          M. Ade Fauzi Siregar (16114887)


Kamis, 29 oktober 2015, didalam kelas

Nisa       : man, kamu tau Indocomtech?
Manda  : itu apa nis? seminar?
Nisa       : bukan, setau aku Indocomtech itu pameran teknologi, banyak barang-barang yang dijual murah kayak hp, laptop, komputer.
Manda  : boleh tuh nis, aku juga kebetulan lagi mau nyari aksesoris buat komputer, laptop juga.
Nisa       : nah, aku juga mau beli barang-barang yang harganya miring tapi kualitasnya bagus.
Manda  : kita cuma berdua aja nih?
Nisa       : ajakin yang lain juga, mana tau kita gak perlu naik transportasi umum.
Manda  : itu ada dimas sama fauzi, kita tanyain ya.
(mendatangi dimas dan fauzi)
Manda  : eh dim, ji, kalian tau indocomtech?
Dimas    : kayaknya aku pernah dengar, pameran teknologi itu bukan?
Fauzi      : iya aku tau tuh, yang ada di JCC Senayan bukan?
Nisa       : nah iya, aku sama manda rencananya mau pergi kesana. mau ikut gabung gak?
Dimas    : boleh deh, laptop aku rusak mau ganti yang baru, sekalian coba cari disana. mungkin dapat yang harganya murah tapi bagus.
Fauzi      : aku juga mau ikut, pamerannya udah mulai dari tanggal 28 oktober kemarin. tutupnya tanggal 1 November nanti.
Manda  : Cuma 5 hari dong, rabu, kamis, jumat, sabtu, minggu. kita mau pergi kapan?
Dimas    : ambil hari yang kita libur kuliah saja, atau yang jadwalnya gak penuh.
Fauzi      : hari sabtu, selesai iLab kan dari pagi, nah selesai iLab kita langsung pergi.
Nisa       : Indocomtech bukanya dari jam berapa?
Fauzi      : dari jam 10 pagi sampai jam 9 malam.
Manda  : oke, kalian ada kendaraan kan? jadi kita gak usah pakai transportasi umum, biar cepat.
Dimas    : iya ada, pakai mobil aku aja.
Fauzi      : Cuma berempat nih?
Nisa       : iya, kita berempat, takutnya kalau yang ikut banyak nanti Cuma jadi wacana aja.
Fauzi      : oke. aku dengar di indocomtech banyak ponsel android bagus yang diobral Rp 150.000
Dimas    : yang benar? android cina mungkin itu
Fauzi      : mungkin sih
Manda  : aku mau nambah RAM laptop, berapa kira-kira harganya ya? kalau ditempat biasa aku beli, yang 4GB harganya Rp 400.000
 Nisa      : mungkin disana bisa lebih murah man, aku juga mau deh, laptop aku udah lemot.
Dimas    : eh ini aku baru baca di internet, katanya disana ada lelang hp, laptop, sama aksesoris juga.
Nisa       : bisa jual atau tukar tambah gadget juga gak?
Dimas    : gak bisa, itu cuma pameran buat beli gadget aja. kalau kamu mau jual yaa ke mangga dua aja nis.
Nisa       : yahhh, masa aku harus ke mangga dua dulu baru ke indocomtech.
Fauzi      : beli baru aja nis disana, kan banyak yang murah sama yang diskon juga.
Manda  : harus bawa duit banyak nih buat persiapan haha
Fauzi      : eh iya jangan lupa bayar tiket masuknya Rp 15.000
Dimas    : bayar yaa, kalau pakai kartu mahasiswa gratis gak?
Manda  : kamu maunya yang gratisan aja mas
Nisa       : bayar dimas.

(tiba-tiba dosen masuk ke dalam kelas)

Nisa       : jadi kita pergi hari sabtu selesai iLab kan?
Dimas    : iya, dan cuma berempat aja, jangan tambahin yang lain lagi nanti Cuma jadi wacana.
Fauzi      :  oke.
Manda  : jangan lupa siapin duit yang banyak  juga yaa?

Nisa       : iya man, iya.

Selasa, 10 November 2015

Berkomunikasi dengan baik

Berkomunikasi dengan baik

Lanjutan dari post saya sebelumnya.. yaitu mengenai apa arti komunikasi dan fungsi-fungsinya. Disini saya akan membahas tentang bagaimana sih cara berkomunikasi yang baik dan benar dan bagaimana cara mengembangkan nya? Nah, tapi sebelumnya saya mau mengingatkan kembali apa yang dimaksud dengan komunikasi hehe.
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, atau gagasan) dari satu pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, tapi komunikasi masih bisa dilakukan melalui gerak-gerik badan, menunjukan pihak tertentu seperti tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti itu disebut dengan komunikasi non-verbal.
            Menurut survey, sekitar 85% dari kesuksesan seseorang dalam hidup berkaitan secara langsung dengan kemampuan berkomunikasi dan membina hubungan. Hal itu menandakan bahwa tidak peduli seberapa ambisius seseorang atau berapa banyak mereka mengatasi ketakutan mereka atau seberapa tinggi tingkat pendidikan, mereka masih memiliki kemungkinan yang rendah untuk melangkah lebih jauh dalam hidup mereka tanpa pengetahuan komunikasi yang efektif yang diperlukan dalam berhubungan dengan orang-orang.
             Berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari memanglah sangat penting, komunikasi adalah akar dari sebuah hubungan. Dengan komunikasi kita dapat menjalin hubungan pertemanan atau apapun itu dengan seseorang, dengan melihat cara berkomunikasi seseorang, kita dapat menilai seseorang tersebut tapi not judgin’ in the negative thing ya. Makanya, dalam berkomunikasi itu kita harus bisa mengucapkan kalimat dengan baik dan benar at least sopan dan bisa menempatkan diri dengan siapa or dimana kamu berbicara, kan gak mungkin ngomong gue-elo ke orang tua.

            Pernah gak sih mikir “berapa sih tingkat keterempilan berkomunikasi gue?” haduh, saya sendiri masih bisa dibilang jauh, salah satu contohnya seperti  masih suka nunduk atau maen handphone ketika sedang berkomunikasi (sok-sibuk-sendiri). Situasi kaya gini sih biasanya kalo baru ketemu dengan lingkungan baru atau bisa di bilang tahap adaptasi ya, karena masih canggung/awkward satu sama lain. Ah, tapi setelah dipikir-pikir kayanya maenin handphone ketika lagi ngobrol atau komunikasi itu udah biasaa banget ya zaman sekarang, so people nowadays banget lah, Alhamdulillah sih kalo ada sms or whatsapp or another notif from a socmed lah ini kadang-kadang cuma check-check socmed doang.
           
Okay cukup ngalor-ngidul nya ya…

Back to the topic
            Komunikasi yang baik itu sangat penting, komunikasi yang baik dapat menciptakan/membuat diri anda berkesan lebih baik dan dapat menjalin hubungan yang baik  serta lebih luas. Berikut adalah beberapa cara yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi:
Observasi
jika anda merasa memiliki keterampilan komunikasi yang kurang dan tidak bisa mengucapkan kata yang tepat untuk diucapkan, maka adnda harus selalu mengamati orang-orang yang berkomunikasi secara efektif. Ini akan memberikan anda wawasan dan pemahaman yang bisa membuka car-cara baru dan cara yang lebih baik untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain.
Mendengarkan
Komunikasi bukan hanya tentang berbicara efektif dan dengan cara yang mengesankan. Tidak ada orang yang ska dengan orang yang berbicara terus-menerus tanpa pernah mendengarkan orang lain, ingat anda juga harus jadi pendengar yang baik.
Berpikir sebelum bicara
Mikir dulu kalo ngomong, gak mau kan keluar kata-kata yang gak baik asal ceplas-ceplos aja? Think before you speak. Kalo bisa usahain mikir 2x sebelum ngomong karena kata-kata atau kalimat yang udah keluar dari mulut gak bakal bisa di ambil lagi.
Humor
Mempunyai seleara humor yang tinggi sangat membantu untuk membuat segala hal menyenangkan, biasanya kalo gini gak akan ada  ‘gak ada topic pembicaraannya’ sih.  Tapi inget poin ‘ berpikir sebelum bicara’ karena jangan sampai ngelukain seseorang dengan guyona-guyonan kalian dan jangan mencoba menjadi terlalu lucu guys.
Sopan
Harus sopan, mau dia lebih tua, seumuran, atau bahkan lebih muda. Karena dengan sopan santun membuat orang lan respect sama kita.
Bahasa Tubuh
Bahasa tubuh itu merupakan factor sangat penting dalam berkomunikasi. Pertahankan kontak mata, duduk berdiri dalam posisi tegak,menjabat tangan, tidak memberikan sinyal yang salah dengan menyilangkan lengan atau kaki, hindari gelisah berlebihan. Selalu ingat bahwa gerakan anda mengtakan tentang kepribadian anda.

Selain yang diatas, ada juga beberapa kemampuan komunikasi yang efektif, seperti :
1.      Berikan kesan bahwa anda antusias berbicara dengan mereka
2.      Ajukan pertanyaan tentang minat mereka
3.      Beradaptasi dengan bahasa tubuh dan perasaan mereka
4.      Dengrkan dengan penuh perhatian semua yang mereka katakan
5.      Ungkapkan diri anda sebanyak mungkin
6.      Beri mereka kontak mata yang lama
7.      Berikan kesan bahwa anda berada di ti yang sama
8.      Memberikan saran atau motivasi

Sepertinya sudah cukup untuk pembahasan kali ini, sekian dan terima kasih, sampai jumpa di post-an berikutnya, see you in the next post. Have a great day!






Sabtu, 07 November 2015

KOMUNIKASI

Pengertian Komunikasi


            Komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Menurut saya sendiri, komunikasi adalah Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa non verbal.

Fungsi komunikasi

       Pernah gak sih kepikiran manfaat atau fungsi nya komunikasi itu apa? Setiap hal itu pastinya mempunyai fungsi masing-masing, bukan? Begitu juga dengan komunikasi, komunikasi mempunyai fungsi-nya sendiri. Secara umum komunikasi mempunya beberapa fungsi, yaitu sebagai berikut:
1. Minginformasikan (to inform)
2. Mendidik (to educated)
3. Menghinur (to educated)
4. Mempengaruhi (to influence)
        Selain yang diatas ternyata komunikasi juga mempunyai  fungsi yang lain, fungsi tersebut dibagi menjadi 4 kerangka yaitu :

1. Komunikasi Sosial
Bahwa komunikasi penting untuk membangun konsep diri kita, aktualisasi diri, dan untuk kelangsungan hidup. Melalui komunikasi kita bersosialisasi dengan masyarakat sekitar. Karena kita sebagai manusia membutuhkan komunikasi.
-       -  Komunikasi sebagai pembentukan konsep diri.
-        -  Sebagai pernyataan eksistensi diri.
-  - Untuk kelangsungan hidup, memupuk hubungan, dan memperoleh kebahagian.

2.  .   2.  Komunikasi Ekspresif
komunikasi yang dapat dilakukan baik sendirian maupun dalam kelompok. Komunikasi
ekspresif ini  bertujuan untuk menyampaikan perasaan-perasaan (emosi) kita. Perasaan
tersebut dikomunikasikan terutama melalui pesan-pesan non verbal.
Contoh : ketika seorang Ibu membelai anaknya untuk menunjukan kasih sayangnya.

3. Komunikasi Ritual
Komunikasi ritual biasanya dilakukan secara kolektif atau kelompok. Contohnya seperti
upacara-upacara. Mulai dari upacara kelahiran, sunatan, ulang tahun dll. Dalam acara-acara
tersebut orang-orang mengucapkan kata-kata atau menampilkan perilaku-perilaku simbolik.
Contoh lain yaitu cara berpakaian , karena itu termasuk dalam komunikasi “pakaian mu
adalah statement mu”, seperti dalam upacara haji, pakaian ihram yang berwarna hitam dan
putih dan tidak di jahit yang dikenakan jamaah pria yang melambangkan ke-sederajat-an umat
       muslim.

4. Komunikasi Instrumental
Fungsi yang bersifat persuasif atau membujuk seseorang dan mempengaruhi orang lain. Contoh dari fungsi ini adalah ketika seorang dosen bilang bahwa kelas pada hari ini kotor, pernyataannya dapat membuat mahasiswa membersihkan kelas tersebut. Komunikasi instrument ini juga berfungsi untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Komunikasi Verbal


Komunikasi verbal adalah suatu kegiatan percakapan/penyampaian informasi yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain, baik secara lisan maupun tulisan. Berikut adalah contoh komunikasi verbal ;
1. Mendengarkan radio.
2. Membaca buku, majalah, dan Novel.
3. Berpidato depan orang banyak.
4. Menulis surat lamaran, surat perjanjian jual beli, brosur, dll.
Selain itu juga komunikasi verbal melalui lisan dapat dilakukan menggunakan media. Contonya seseorang yang berbicara melalui telepon. Sedangkan komunikasi verbal melalui tulisan dilakukan dengan cara tidak langsung.

Komunikasi bawah sadar (komunikasi intuitif) adalah penyampaian informasi antara manusia secara tidak sadar. Kadang kala komunikasi bawah sadar merupakan komunikasi intra personal, misalnya bermimpi atau kesadaran saat dihipnotis. Tapi belum tentu merupakan komunikasi non verbal. Komunikasi bawah sadar mempengaruhi bagaimana kita memandang diri kita sendiri, baik dalam hal positif maupun negative dan selain itu, komunikasi bawah sadar dapat mengubah perasaan atau suasana hati, namun untuk dapat menjadikan efektif, seseorang harus terlebih dahulu mempercayai keberadaannya.

Tahapan proses komunikasi

Proses Komunikasi di bagi menjadi beberapa tahapan, yaitu :
a. Penginterpretasian, hal yang diinterpretasikan adalah motif komunikasi, terjadi dalam diri komunikator. Artinya, proses komunikasi tahap pertama bermula sejak motif komunikasi muncul hingga akal budi komunikator berhasil menginterpretasikan apa yang ia piker dan rasakan ke dalam pesan (masih abstrak). Proses penerjemahan motif komunikasi kedalam pesan disebut interpreting.
b. Penyandian, pada tahap ini masih ada dalam komunikator ari pesan yang bersifat abstrak berhasil di wujudkan oleh akal budi manusia kedalam lambing komunikasi. Tahap ini disebut encoding, akal budi manusia berfungsi  sebagai encoder, alat penyandi: mengubh pesan abstrak menjadi konkret.
c. Pengiriman, proses ini terjadi ketika komunikator melakukan tindakan komunikasi mengirim lambing komunikasi dengan peralatan jasmaniah yang disebut transmitter, alat pengirim pesan.
d. Perjalanan, pada tahapan ini terjadi antara komunikator dan komunikan, sejak pesan dikirim hingga pesan diterima oleh komunikan.
e. Penerimaan, tahapan ini ditandai dengan diterimanya lambang komunikasi melalui peralatan jasmaniah komunikan.
f. Penyandian Balik, pada tahap ini terjadi pada diri komunikan sejak lambang komunikasi diterima melalui peralatan yang berfungsi sebagai receiver hingga akal budinya berhasil menguraikan nya (decoding).
g. Penginterpretasian Balik, pada tahap ini terjadi komunikan, sejak lambang komunikasi berhasil di uraikan dalam bentuk pesan.

Sumber :